Kamis, 17 November 2011

Ultra N series

Ultraman Nexus (ウルトラマンネクサス Urutoraman Nekusasu?) adalah salah satu seri UltramanTsuburaya Productions dan Chubu-Nippon Broadcasting. Seri ini merupakan seri ke-18 Seri Ultra sekaligus seri ke-21 Ultraman hasil produksi Tsuburaya. Jaringan televisi Tokyo Broadcasting System menayangkannya dari tanggal 2 Oktober 2004 sampai 25 Juni 2005 dengan jumlah keseluruhan sebanyak 37 episode. DVD yang diedarkan Bandai Visual memasukkan keseluruhan episode dengan tambahan episode EX sepanjang 45 menit, dan episode 29 edisi selama 45 menit.
produksi 

Sejarah

Belajar dari kegagalan seri sebelumnya, Ultraman Cosmos yang ceritanya terlalu kekanakan sehingga tidak disukai pemirsa remaja ke atas, Ultraman Nexus dibuat dengan konsep cerita untuk pemirsa dewasa. Hal ini bisa dilihat dari cerita yang keluar pakem, bahwa orang yang dapat berubah menjadi Ultraman bukan orang yang bergabung dalam pasukan tempur yang selalu ada di setiap serinya, melainkan orang ketiga. Unsur drama dan bumbu cinta sana-sini antar beberapa tokohnya juga diberikan. Selain itu, misteri yang dipaparkan juga rumit.
Ultraman Nexus adalah bagian dari Ultra N Project, yaitu proyek baru dari Tsuburaya untuk mengubah citra Ultraman dan mengangkatnya untuk tetap bisa bersaing ke milenium berikutnya. Seri ini terdiri dari tiga fase Ultraman, Noa Nostalgia, Next Evolution, dan Nexus Trinity. Masing-masing fase memperkenalkan desain Ultraman generasi baru yang sangat jauh berbeda dengan konsep-konsep Ultraman sebelumnya. Noa Nostalgia adalah pertunjukan live dan promosi lewat majalah yang menampilkan Ultraman generasi baru yang berwarna perak dengan lampu indikator berwarna (color timer) yang lebih besar, dan sayap di pundak seperti tanduk yang meruncing. Ultraman Noa digambarkan berhasil menyelamatkan Ultraman-Ultraman generasi lama dari kekalahan.
Next Evolution adalah film layar lebar yang menjadi nilai jual lebih dari proyek ini. Film Ultraman 2005 (tayang perdana 18 Desember 2004) menampilkan adegan terbang dengan CGI. Film ini menceritakan awal Ultraman generasi baru beraksi di Bumi, juga sebagai pembuka serial Ultraman Nexus. Nexus sendiri adalah sebuah film seri televisi yang di dalam ceritanya dijelaskan misteri hubungan antara ketiganya

Latar belakang cerita

Ultraman Nexus mengambil latar belakang cerita tidak jauh ke depan, tepatnya di tahun 2009, jadi tidak banyak yang berubah dari pemandangan di Jepang saat ini. Namun tahun 2009 sering terjadi kecelakaan aneh hampir di seluruh dunia yang melibatkan binatang-binatang aneh berukuran besar hasil mutasi dari makhluk-makhluk di bumi dengan virus dari luar angkasa (Space Beast). Untuk mengatasi hal itu, dibentuklah organisasi rahasia non-pemerintah, TLT (Terrestrial Liberation Trust) yang menyelidiki fenomena itu. Di Jepang dibentuk TLT Japan. TLT memiliki pasukan khusus yang disebut dengan Night Raider (NR). Tugas pasukan NR adalah menghancurkan binatang-binatang aneh dengan penuh kerahasiaan. Orang-orang yang pernah menyaksikan atau terlibat dengan Space Beast, ingatannya akan dihapus oleh TLT lewat salah satu divisinya, Memory Police (MP). Korban-korban tewas yang dimakan SB diberitakan lewat media hanya sebagai sebuah kecelakaan misterius bagai menghilang ditelan bumi. Jadi, selama ini manusia tidak pernah mengetahui keberadaan SB maupun organisasi TLT.

Sinopsis

Berbeda dengan semua serial Ultraman lain yang kisah dalam episodenya berdiri sendiri, penyunting merasa agak kesulitan untuk meringkas kisah Ultraman Nexus karena di setiap episodenya terdapat poin-poin penting yang langsung bersambung ke episodenya berikutnya.

Junis Red dengan dunamist Jun Himeya (episode 1-25)


Kazuki Komon baru saja alih pekerjaan dari tim SAR ketika direkrut masuk TLT. Ia baru tahu kalau selama ini bumi sering diserang SB, bahkan keberadaan SB serta keberadaan TLT sendiri sangat rahasia. Di perjalanan, ia menemukan bus yang terparkir kosong. Penumpangnya menghilang karena dimakan SB, Komon pun hampir saja tewas kalau saja sesosok raksasa perak tidak menolongnya. Komon pun takjub. Sementara itu, Nagi Saijyou dari tim NR yang bertugas membasmi SB di sebuah terowongan bertemu dengan sosok laki-laki misterius. Ia kira itu hanya penglihatannya yang salah tapi ia ternyata bertemu dengan laki-laki itu lagi saat kembali berhadapan SB pada suatu siang.
Komon sendiri berlatih agar menjadi seorang agen NR yang tangguh di bawah bantuan Shiori Hiraki sampai pada akhirnya ia pun terjun dalam misi. Sebelum NR berhasil memusnahkan SB berukuran raksasa, datang raksasa yang lebih dulu menghadapinya. Raksasa itu adalah raksasa yang menolong Komon kemarin, sehingga Komon berpikir raksasa itu di pihak mereka. Namun NR berpendapat lain, mereka menembaki raksasa yang kemudian diberi nama Ultraman itu. SB belum berhasil dikalahkan sementara Ultraman terluka dan menghilang, lalu NR berinisiatif mencari mereka. Nagi dan Komon yang bertugas mencari Ultraman sementara yang lain mencari SB. Nagi dan Komon menemukan pria dengan luka yang sama dengan Ultraman. Pria yang juga sama dengan yang selalu Nagi lihat. Nagi bermaksud membunuh pria itu tapi pria itu memanggil sejenis UFO dan dapat kabur. Sebelumnya, Komon sempat menyentuh UFO tersebut. Sewaktu pingsan tersetrum, ia melihat masa lalu pria tadi. Ia melihat suasana medan perang, seorang gadis memanggil sebuah nama dan saat bertemu orang yang dipanggilnya, gadis itu tewas saat bermaksud menghampirinya.
Nagi berbohong pada Kapten Eisuke Wakura bahwa ia bertemu Ultraman dalam sosok manusia, sementara Komon mencari identitas pria tadi di internet dan menemukan foto-foto serta nama yang sama dalam ingatannya, fotografernya bernama Jun Himeya. Komon pun ke kantor surat kabar yang memuat foto tersebut ternyata Himeya sudah tidak bekerja lagi di sana namun ia bertemu dengan seseorang yang mengenal Himeya bernama Megumi Sakuta. Masa lalu Himeya yang menyedihkan diceritakan oleh Sakuta. Himeya kehilangan seorang gadis bernama Sera. Komon semakin yakin bahwa Himeya bukan orang jahat seperti yang dianggap Nagi, namun tetap saja mereka terus berselisih paham. Di lain pihak, Himeya kedatangan Jizou Negoro, teman lamanya sesama jurnalis, yang bersikeras membawa Himeya mau bekerja kembali dan menyelidikinya. Penyelidikannya ini membawanya terlibat dengan TLT dan membuatnya dikejar-kejar oleh MP.
Diceritakan pula bahwa Komon memiliki kekasih bernama Riko Saida, mereka sering kencan di kebun binatang. Komon sering merindukan Riko saat bekerja apalagi jika ia habis bertengkar dengan Nagi. Tim NR lagi-lagi harus berhadapan dengan SB kali ini di sebuah pabrik, Himeya pun menyusul mereka namun ia malah bertemu dengan Ultraman yang mengaku sebagai bayangan dari dirinya, dan memperkenalkan dirinya sebagai Faust. Himeya berubah sebagai Nexus dan melawan Faust tapi Faust menghilang dan berkata hanya mengetesnya saja. Bersamaan dengan itu, NR dengan kekuatan mereka sendiri mampu menghabisi SB berukuran raksasa. Faust semakin sering muncul, dan Riko mulai merasa ada yang aneh dengan tubuhnya. Komon terkejut melihat suatu hari Riko terluka di hutan dan membawa barang peninggalan Nagi. Selain itu, sosok orang yang mengaku sebagai pembuat permainan kejam itu juga muncul. Ia bernama Mizorogi Shinya. Komon pun heran mengapa rekan-rekannya di NR bereaksi aneh mendengar nama itu, terlebih lagi Nagi.
MP bermaksud menghapus ingatan Riko karena diduga telah melihat SB, namun Riko menghilang dari rumah sakit. Saya Shuto yang mencarinya menemukan fakta mengejutkan bahwa Riko sekeluarga termasuk daftar korban tewas oleh SB. Sementara itu, Komon yang khawatir terhadap Riko pergi ke apartemennya dan terkejut melihat kamar Riko yang penuh gambar mengerikan, ia juga bertemu dengan Faust dan lagi-lagi diselematkan Himeya. Untuk pertama kalinya Komon melihat Himeya berubah. Ternyata Riko-lah dunamist dari Faust, dan ia dibangkitkan oleh Mizorogi. Komon tidak sengaja masuk dalam darkfield, dan ia yang tidak tahan melihat Nexus kalah menembak Faust. Mizorogi pun menyuruh SB membunuh Komon tapi Faust terluka melindunginya. Riko meninggal di pelukan Komon. Komon pun kemudian shock berat dan dimanfaatkan Mizorogi untuk menguasai hatinya yang lemah. Nagi juga memengaruhi Komon untuk membenci SB yang membunuh Riko agar ia semakin kuat. Himeya lalu menceritakan pengalaman pahit masa lalunya dan bagaimana ia mendapat kekuatan cahaya untuk membantu Komon bangkit dari kesedihan. Tak tahan dengan semua itu, Komon memutuskan untuk lebih baik dihapus saja ingatannya. Ia diselamatkan Negoro saat MP menemuinya, Negoro yang semula bermaksud mengorek info tentang Himeya dan TLT malah ikut menyadarkan Komon bahwa itu salah. Lagi-lagi Mizorogi muncul dan menciptakan Riko dalam pikiran Komon. Di saat genting itu, Himeya kembali datang dan bertempur dengan Mizorogi yang berubah menjadi Dark Mephisto. Komon pun tidak jadi tertawan kegelapan. Ia yang ingat nasihat Himeya akhirnya memutuskan untuk terus bertempur demi orang-orang seperti Riko.
Komon selamat dari Mizorogi, tapi Nagi tak kembali ke markas. Komon pun berkesempatan bertanya pada Kapten Wakura mengenai hubungan antara Nagi dan Mizorogi. Dulunya, Mizorogi adalah wakil kapten NR. Nagi sangat mengidolakan Mizorogi yang terkenal paling kuat di NR agar dapat belajar darinya bagaimana mengalahkan SB. Mizorogi pun mengajarkan berbagai latihan intensif khusus hanya berdua, sejalan dengan itu tumbuh perasaan cinta di antara keduanya. Nagi yang sangat membenci SB ini tentu saja merasa terkhianati melihat orang yang dicintainya kemudian berpihak pada kegelapan (SB). Ternyata di saat yang sama, Mizorogi sedang berencana untuk mengajak Nagi ke sisinya. Komon dan Kapten Wakura untungnya tidak terlambat, begitu pula dengan Himeya. Inilah pertama kali Kapten Wakura mengetahui Himeya adalah Ultraman. Mizorogi pun memanggil SB untuk melawan Nexus. Nagi yang sadar menembak Mizorogi dan darkfield pun menghilang.
Himeya yang terluka saat itu lagi-lagi harus segera bertarung dengan SB yang muncul di pegunungan. Nagi, Kapten Wakura, dan Komon langsung bergabung dengan Shiori dan Ishibori yang sudah siaga di sana. Kali ini SB yang dilawan memiliki kemampuan dpt menghilang, butuh 3 episode untuk mengalahkannya. Himeya yang pingsan diselamatkan oleh Horokusa dan dua temannya yang kebetulan sedang asyik memotret di dekat sana. Horokusa yang masih fotografer amatir mengenali dan mengidolakan Himeya. Saat SB kembali mengamuk, dikiranya Himeya pingsan saat sedang mengambil gambarnya. Horokusa berinisiatif menggantikannya, ia berhasil memotret banyak namun tewas dimakan SB di depan teman-temannya. Saat pagi menjelang dan Nexus berhasil mengalahkan SB tsb, Negoro yang mencari Himeya mengambil kamera Horokusa dari temannya. Himeya yang mendengarkan percakapan mereka menyadari tindakan Horokusa ternyata mirip dirinya saat berkeinginan mengabadikan moment perang, namun ia sudah lupa alasan itu karena perasaan bersalahnya atas tewasnya Sera terlalu besar. Sementara Negoro mempublikasikannya di surat kabar dan bertemu dengan klub penggemar UFO yang menolongnya bersembunyi dari kejaran MP, Himeya yang terluka parah diculik oleh TLT di bawah perintah Yoichiru Matsunaga.
Tubuh Himeya dibawa ke ruang eksperimen sama seperti Komon dulu saat menjalani tes kesehatan. Yoichiru bermaksud mencari tahu asal kekuatan Ultraman dan bagaimana mendapatkannya untuk memperkuat senjata TLT. Jantung Himeya sempat berhenti berdetak sebelum akhirnya Yu mengetahui cara menghidupkannya kembali. Saat itulah, Himeya kabur dan bertemu Komon di lorong. Yu memperingatkan Himeya bahwa jika ia terus bertempur dalam kondisi itu, ia akan tewas. Himeya mengabaikan peringatan Yu dan membuat Komon cemas. Himeya sendiri kabur sampai ia bertemu dengan Sakuta di sebuah taman tempat biasanya mereka bertemu dulunya. Di lain pihak, Mizorogi kembali berbuat ulah jahat. Ia bermaksud membuka portal kegelapan yang menghubungkan Tanah Kematian dengan bumi untuk semakin banyak mendatangkan SB, namun dibutuhkan energi cahaya milik Nexus untuk diubah dalam energi kegelapan dalam sebuah ritual. Melihat Sakuta yang sangat peduli terhadap Himeya, Mizorogi menjauhkan Himeya dari Sakuta dengan memanggil SB dan saat Himeya pergi itulah ia menculik Sakuta.
NR tidak ketinggalan, dengan informasi dari Yu dan analisis dari Ishibori, mereka menemukan titik lokasi dimana portal itu akan dibuka. Bahkan, Negoro dengan naluri jurnalisnya juga menuju kesana. Ia hampir saja tewas dimakan SB kalau saja Himeya tidak menolongnya. Himeya yang menyadari tubuhnya sudah diambang batas tidak ingin melihat lagi melihat orang-orang terdekatnya, seperti Sakuta dan Negoro, tewas. Ia pun mengambil risiko itu dan benar saja dirinya tidak kuat lagi menghadapi SB yang disiapkan Mizorogi di tanah kematian. Saat Strike Chester datang, NR melihat Nexus tak berdaya telah tersalib di sebuah batu dimana ritual kematian akan dimulai. Mereka pun menghadapi SB, dan dengan senjata baru bernama Ultimate Vanisher yang didapat dari hasil eksperimen terhadap tubuh Himeya, NR mampu memusnahkan SB tsb. Namun, mereka tak sanggup melawan Mizorogi terlebih lagi karena ia menyandera Sakuta. Himeya yang bertemu Sera dalam ketidaksadarannya membuatnya sanggup bangkit. Namun, ia kembali menjadi bulan-bulanan Mephisto. Yu memerintahkan Komon menembak tepat di energy core Nexus dengan sinar yang pernah menghidupkan Himeya kembali. Meski awalnya ragu-ragu, Komon pun melakukannya. Nexus kini sanggup mengimbangi Mephisto. Melihat Mephisto sulit sekali ditaklukkan, Nexus melancarkan serangan bunuh diri dan meledak bersama. Semua yang melihatnya hanya bisa tersentak kaget. Komon menangis, tak percaya sahabatnya itu telah tiada. Himeya muncul sebentar sebagai hantu di depan Komon dan meninggalkan pesan yang membuatnya selalu terngiang-ngiang di kepalanya. Pesan itu adalah "Hikari wa Kizuna...".
Usai pertempuran besar itu, NR diinterogasi satu per satu oleh dewan tertinggi TLT-Jepang mengenai Ultraman dan identitas Himeya Jun dan alasan mereka selalu membantunya. Sambil terus mencoba menafsirkan pesan Himeya, Komon dan kawan-kawan kembali bertarung melawan SB. Ternyata Ultimate Vanisher tak bisa digunakan lagi. Yu mengatakan pada Yuichiro kalau itu diakibatkan ada orang yang baru saja meretas basis data mereka dan menghapus berkas Himeya. NR yang kewalahan terkejut oleh kemunculan Nexus yang berwarna biru. Yu mengatakan pada mereka kalau itu sudah bukan lagi Himeya.

Junis Blue dengan dunamist Ren Senjyu (episode 26-36)

Ren Senjyu adalah seorang anak muda hiperaktif yang bekerja paruh waktu di sebuah taman bermain. Sifatnya ceria, akrab dengan anak kecil, dan sangat pintar. Ia memiliki kemampuan kemampuan supranatural dan mampu melihat kejadian semalam hanya dengan menyentuh aspal, melihat perbuatan MP yang saat itu sedang menghapus memori orang, tepatnya perbuatan agen Mizuo Nonomiya. Mizuo sendiri diperintahkan untuk memata-matai Ren oleh Yoichiro, namun mereka malah saling jatuh cinta. Sementara itu, Ren menyadari kalau selama ini ia selalu dipotret oleh orang tak dikenal.
Ren bertemu dengan Ultraman segera setelah Himeya meninggal, dan muncul secara mengejutkan di depan Komon dan kawan-kawan. Saat melindungi Chester, Nexus terluka di bahu kanan. Komon mengira Himeya masih hidup dan bermaksud mencarinya. Dilihatnya Ren berlari kencang di tempat jatuhnya Ultraman. Komon mengikutinya sampai masuk ke dalam rumah Ren. Namun, ia disergap Ren karena Komon disangka sebagai orang yang selama ini mengincarnya. Tiba-tiba Ren pingsan. Ketika Komon melihat luka yang sama seperti Nexus, ia baru sadar bahwa Ren adalah dunamist Nexus yang baru. Komon pun mengobati luka Ren dan memintakan izin tidak bekerja pada Harisu, bos Ren, dengan mengaku sebagai sepupunya. Komon dan Ren pun menjadi dekat. Komon yang penasaran dengan Ren mencari asal-usulnya lewat jaringan di TLT dan mengetahui bahwa Ren adalah anak hasil Prometheus Project (PP), sama dengan Illustrator. Selain itu, ternyata Mizorogi berhasil lolos dari pertempuran hidup mati melawan Himeya di Tanah kematian. Selama ini ia terus bersembunyi dan suatu hari ia menyelamatkan gadis kecil yang orangtuanya dulu dibunuh olehnya.
Di balik penyesalan yang mendalam, Mizorogi ingat bahwa ia tak ubahnya seorang boneka dari kekuatan yang lebih besar lagi. Ia ternyata sama dengan Riko. Mizorogi sempat ditangkap TLT, namun sebelum tubuhnya diteliti seperti Himeya, ia kabur dengan menawan Mizuo sehingga MP pun turut mengejarnya, salah satunya adalah agen Misawa. Meski ditawan, Mizuo bersimpati pada Mizorogi dan mau mendengar curhat cowok itu. Saat mereka bertemu Komon dan Nagi yang ingin menyelematkannya, ia malah melindungi Mizorogi. Namun, dada Mizorogi ditembak oleh Misawa yang ternyata mampu berubah menjadi Mephisto (Zwei). Mizorogi kehilangan kekuatannya karena dunamist-nya pindah. Ren juga muncul karena ia mengkhawatirkan Mizuo, namun ia terdesak oleh Mephisto. Mizorogi yang dipenuhi rasa penyesalannya yang juga tak ingin mati sia-sia sebagai seorang penjahat membuatnya memperoleh kekuatan cahaya dan berubah sekali lagi menjadi Mephisto kali ini untuk membantu Nexus. Nexus berhasil menghancurkan Mephisto Zwei, Mizorogi yang sudah terluka parah meninggal dengan tenang di pelukan Nagi yang akhirnya memaafkannya. Sebelum menghembuskan napas terakhir, ia sempat memberitahu Nagi bahwa orang yang sebenarnya telah mengendalikannya (Unknown Hand ) ada di dalam TLT tapi tidak tahu siapa persisnya.
Cerita semakin berjalan cepat. Kemunculan pertama Junis Blue sebagai perubahan wujud Nexus yang baru ditandai dengan pergantian dunamist dari Himeya ke Ren, dan diikuti dengan kemunculan lawan-lawan baru yang semakin kuat. Ren kesusahan membuat Metafield karena ada kekuatan lain yang mengubahnya menjadi darkfield dan meningkatkan kekuatan SB. Bahkan SB yang dilawan adalah SB-SB yang pernah dihancurkan oleh Himeya maupun NR sebelumnya. Selain itu sebuah lubang besar kegelapan yang kemudian diberi kode nama Unknown Hand juga menyembuhkan luka SB yang ditembaki Chester maupun Nexus. Bahkan, petempuran pun pada akhirnya masuk ke dalam kota dimana manusia dapat menyaksikannya. Kota dilanda kepanikan dan TLT harus bekerja keras. Sementara itu, Unknown Hand menyusup ke area rahasia yang terletak di dasar markas. Di tengah situasi yang genting itu, muncul agen dari TLT USA, Sara Mizuhara, bersama partnernya professor Kaimoto. Dari pembicaraannya dengan dewan tertinggi TLT, terkuaklah rahasia lima tahun lalu di Shinjuku di mana terjadi pertempuran Ultraman melawan SB yang pertama dan menimbulkan korban tewas sebanyak 640 jiwa. Selama ini, memori orang-orang akan kejadian itu telah dihapus dengan menggunakan Lethe, sebuah teknologi luar angkasa yang jatuh 20 tahun lalu di Colorado (meteor yang sama dengan yang diceritakan klub penggemar UFO kepada Negoro). Memori orang-orang disimpan dalam Sea of Forgetfulness yang disimpan di area terlarang tadi. Sementara itu, NR yang penasaran dengan kedatangan Sara, dibantu Ishibori yang ahli komputer, menemukan berkas rahasia 5 tahun lalu. Mereka pun kaget karena mereka sendiri juga selama ini tidak pernah ingat kejadian itu. Karena protes, Kapten Wakura pun memohon pada Sara untuk menjelaskannya. Sara pun pulang ke Amerika Serikat, dan Kaimoto tetap tinggal di TLT Jepang untuk mengawasi Ren.
Kehidupan Ren memang penuh warna, ia selalu menggoda Mizuo, menjadi badut di taman bermain, bermain dengan Komon saat Komon senggang, dan bercanda dengan Ojiro, rekannya sesama partimer. Mereka berempat pun melewati acara makan malam bersama diundang oleh harisu. Selain itu, dengan ESP-nya ia mampu berkomunikasi dengan Yuu yang dulu juga merupakan baiknyadi akademi. Di balik sifat cerianya, Ren ternyata tidak memiliki umur panjang. Ia didiagnosis menderita semacam penyakit akibat suatu dampak yang seharusnya tidak menyerang anak-anak PP dan hanya bisa bertahan dengan obat khusus bernama Raphael. Merasa terkungkung oleh aturan akademi yang menampung anak-anak PP, padahal ia belum melihat dunia luar dan umurnya sudah tak panjang lagi, Ren pun kabur ke Jepang. Itulah yang membuatnya diawasi oleh TLT sejak awal. Sampai akhirnya suatu ketika TLT mengetahui kalau Ren adalah dunamist dan setelah pertarungan yang melelahkan, sama seperti Himeya, Ren diculik akan diteliti untuk membuat Ultimate Vanisher lagi. Mizuo memberitahu Komon dan Komon pun langsung memohon pada seluruh rekannya di NR untuk menyelamatkan Ren. Mereka berhasil kabur membawa Ren setelah menyabotase TLT. Pertempuran menjadi semakin berat, tubuh Ren pun cepat mencapai batas ketahanan. Ia yang merasa sudah di ambang kematian, bertekad untuk menghabiskan sisa hidupnya dengan bertarung sebagai Ultraman. Komon lalu bercerita pada Ren tentang dunamist sebelumya, ia tak ingin Ren mengalami penderitaan yang sama dan tewas seperti Himeya. SB kembali menyerang, kali ini adalah gabungan dari seluruh SB yang pernah ada. Saat itu, Yuu yang juga khawatir dengan kondisi tubuh Ren menelepon lewat Pulse Breaker milik Komon bahwa Raphael telah didatangkan oleh Prof. Kaimoto. Namun, Ren merasa ia tak dapat membuang waktu untuk ke rumah sakit dulu, ia pun mengucapkan salam pada Mizuo dan bertempur habis-habisan. Ren pun meninggal, dunamist kembali berpindah

Noa dengan Deunamist Kazuki Komon (episode 37)

Cerita tamat di episode 37, dengan kemunculan Dark Zagi yang pernah disebutkan oleh Mizorogi berada di dalam TLT. Dunamistnya ternyata adalah Ishibori, masa lalunya pun diungkapkan di sini. Selain itu, tidak dijelaskan lebih lanjut mengapa Nagi tiba-tiba memperoleh evoltruster. Lalu karena emosinya terpancing oleh Ishibori yang mengaku membunuh orangtuanya dan hanya menjadikan Mizorogi sebagai alat, Nagi berubah menjadi Ultraman di dalam area Lethe yang melemah sehingga kekuatannya langsung diserap Ishibori untuk berubah menjadi Dark Zagi. Dark Zagi kemudian mengamuk di kota sambil dikejar Kapten Wakura sendirian dengan Chrome Chester, sementara anak buahnya yang lain yaitu Shiori tak bergerak setelah ditembak Ishibori dan Komon menolong Nagi. Akhirnya Komon mengambil alih dunamist, merasa telah berhasil menafsirkan kata-kata peninggalan Himeya, dan berubah menjadi Ultraman Noa untuk mengalahkan Zagi. Serial ini menyisakan akhir yang menggantung karena ternyata setelah Zagi mati pun SB masih bermunculan. Namun kali ini TLT menghadapi mereka tanpa sembuyi-sembunyi lagi dari masyarakat, diikuti narasi penutup dari Komon.

Ultraman Cahaya

Di bumi, oleh peradaban masa lampau yang masih memuja animisme dan politheisme, Noa dipuja dan dibuatkan kuilnya. Kuil atau relief kuno inilah yang dilihat oleh Himeya dan Ren dalam mimpi saat mereka menerima kekuatan Ultraman. Wujud fisik Noa setelah bangkit dipengaruhi oleh kekuatan hati dan motivasi masing-masing deunamist yang berbeda-beda. Berikut ulasannya.
  • The Next
Bangkit untuk yang pertama kalinya secara fisik setelah sekian lama berwujud roh, membuat Noa mengalami downgrading menjadi wujud yang disebut The Next. Jadi, bisa dibilang, The Next adalah wujud terlemah. Nama The Next sendiri adalah kode yang diberikan mengacu pada SB yang lebih dulu muncul dengan kode The One. The Next juga memiliki bentuk Anphans dan Junis yang tentu saja berbeda dengan Nexus. 

ultraman oka anphans 
ultraman oka adalah bentuk dasar dari Nexus begitu Dunamist berubah. Baik Himeya, Ren, Nagi, maupun Komon memiliki wujud ini. Ultraman oka Anphans bervariasi dari ukuran mikro sampai 49 meter, beratnya 40 ribu ton, di pergelangan tangan kanannya terdapat alat Armed Nexus. Alat yang memungkinkannya mengaktifkan serangan-serangan untuk menghentikan aksi dari Space Beast. Nexus Anphans punya jurus andalan Cross Ray Shootrom, Aura Mirage, dan Mach Move.
  • Nexus Junis Red
Ultraman Nexus Junis Red beratnya 44 ribu ton. Junis yang berwarna merah ini punya jurus andalan yang lebih banyak dari Aphans, di antaranya adalah Circle Seal, Core Impulse, Particle Feather, Nexus Hurricane, dan Over Ray Shootrom.
  • Nexus Junis Blue
Ultraman Nexus Junis Blue beratnya 42 ribu ton, di tangan kanannya terdapat alat tambahan Arrow Armed Nexus. Dengan alat baru ini Nexus bisa mengeluarkan jurus baru: Shootrom Sword (sinar memanjang berbentuk pedang yang keluar dari tangan kanan), Arrow Ray Shootrom (tembakan beruntun dari tangan kanan), dan Over Arrow Ray Shootrom (tembakan panah laser dari tangan kanan). Kemunculan Junis Blue menandai perpidahan deunamist dari Jun Himeya ke Ren Senjyu. Seperti Ren yang jiwanya penuh dengan keoptimisan, fighting style Junis Blue adalah kecepatan dan maju menerobos tembakan lawan tanpa rasa takut. 

Noa
    Seluruh tubuh Noa berwarna keperakan, mirip dengan Next hanya saja memiliki sepasang sayap baja di punggungnya dan warna peraknya lebih mulus dan mengkilat. Total tinggi dengan sayapnya 55 m. Noa adalah bentuk evolusi dari Nexus yang saat itu kekuatannya tak seimbang dengan Dark Zagi. Komon dengan wujud Nexus-nya akhirnya kembali ke wujud asal karena harapan orang-orang yang menyaksikan pertarungannya serta ingatannya akan perjuangan Himeya dan Ren sehingga semakin menguatkan tekad dan hatinya. Ia mempunyai tiga jurus: Lightning Noa, Noa Spark, and Noa Inferno.

    Dark Ultraman's

    Di Planet lain, karena teknologi penduduknya tidak sengaja membangkitkan Dark Zagi, ia pun menghancurkan planet tsb. Namun karena kebangkitannya belum sempurna, rohnya datang ke bumi bersamaan dengan teknologi tadi yang jatuh sebagai meteor. Karena wujud fisiknya tersegel, dunamist-nya belum bisa berubah. Untuk itulah, ia mengumpulkan dan membentuk pasukan Ultraman Kegelapan. Mata dan color timer mereka gelap, tidak menyalakan sinar sama sekali.
    • Dark Faust
    Dark Ultraman pertama yang muncul di serial ini. Bentuknya sepintas mirip dengan badut dari masa lalu, dengan tanduk-tanduk dan ujung sepatu yang runcing melipat ke atas. Dark Faust punya jurus andalan Dark Feather dan Dark Ray Jabirom.
    • Dark Mephisto
    Dark Mephisto memiliki Dark Claw di tangan kanannya juga punya beberapa jurus andalan, seperti Dark Defenser, Dark Ray Feather, dan Dark Ray Shootrom.
    • Mephisto Zwei
    Mephisto Zwei secara fisik, senjata, dan jurusnya tidak berbeda dari Mephisto karena dunamist-nya pindah dari Mizorogi ke Misawa. Perbedaan Mephisto-nya Misawa dengan Mephisto-nya Mizorogi adalah matanya yang menyala merah.
    • Dark Zagi
    Dark Zagi digambarkan sebagai Ultraman terjahat yang pernah muncul dalam sejarah Ultraman. Ia adalah Pemimpin para Ultraman Kegelapan yang sesungguhnya. Pembuat pasukan boneka seperti Mizorogi, Riko, dan Misawa dan tak lain dari The Unknown Hand yang mampu menyembuhkan luka SB yang dibuat Nexus, maupun membangkitkan lagi SB yang telah mati, serta membuat Dark field untuk SB tanpa harus memunculkan dirinya. Dark Zagi membutuhkan Noa atau Nexus, wujudnya saat itu, untuk melepas segel agar dapat bangkit sepenuhnya. Wujudnya mirip Noa jika tanpa sayap hanya saja ia dominan hitam-merah menyala. Dark Zagi mengeluarkan raungan seperti binatang buas sehingga tampak sangat menyeramkan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar